
Berbeda dengan motor bakar yang mempunyai 4step (langkah) atau 2step (langkah) pembakaran. Turbofan melakukan beberapa step TAPI dalam 1 WAKTU. Dan perbedaan dengan motor bakar adalah jika dalam motor bakar ruang pembakaran (combustion chamber) sudah di isi oleh campuran (mix) air dan fuel BARU diberi ignition (pengapian) sehingga terjadi pembakaran. Kalau di Turbofan ini,combustion chamber hanya di isi udara bertekanan tinggi saja. Karena tekanan tinggi maka temperatur tinggi dan diberi ignition,BARU di semprotkan fuel sehingga terjadi pembakaran.
Untuk gaya
dorong (thrust) pesawat yang dihasilkan oleh pembakaran,sebenarnya hanya
15%-25% saja. Gaya dorong pesawat yang terbesar justru pada KIPAS (blade) atau
LPC sebesar 75-85% yang digerak oleh LPT (seperti dijelaskan diatas). Karena
itu Fan/blade/LPT dibungkus oleh casting,sehingga aliran udara (airflow) lebih
terpusat mengalir kebelakang. Itulah alasan mengapa Turbofan lebih hemat bahan bakar dibanding dengan jenis lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar